LOMBA POSTER HARI BUMI

Dalam rangka hari Bumi SMPN 5 Bojonegoro mengadakan lomba poster tentang bumi dan dampak dari semakin tuanya bumi kita. Lomba Poster di ikuti 30 peserta mulai siswa kelas 7 sampai siswa kelas 9 . Lomba Poster tersebut  diadakan pada hari Sabtu, 23 April 2016 di Aula Terbuka.  Para peserta dengan giat membuat poster tentang hari Bumi di peringati setiap tahun. Dengan lomba ini diharapkan generasi muda sadar akan pentingnya menjaga bumi kita yang semakin ke depan semakin krisis.
Tentunya kita semua memahami setiap tanggal 22 April di perimgati sebagai hari Bumi. Pada dasarnya bumi yang kita pijak setiap hari semakin lama semakin menua dan kemungkinan semakin rapuh ibarat kayau yang di makan oleh rayap. Dengan kondisi bumi sekarang ini terntunya kita merasa khawatir dengan kelangsungan hidud umat manusia yang mengalami evolusi perubahan yang luar biasa. Kita sadar bumi yang kita diami selama ini mengalami banyak hal yang tentunya bisa mengakibatkan suatu perubahan . Bumi yang kita ketahui mengitari bumi setiap saat bisa saja berubah menjadi berhenti atau yang lain. Hal itu tentunya mengakibatkan sesuatu hal yang mengerikan.

Pergantian musim yang sudah tidak teratur salah satu tanda bahwa bumi yang kita diami telah menua . Kita tidak bisa memprediksi lagi berapa lama musim penghujan dan berapa lama musim kemarau. Para ahli klimatologi pun mengalami kesulitan menentukan tepatnya setiap musim. Kadang- kadang musim kemarau yang panjang atau sebaliknya musim penghujan yang terlalu singkat. Kalau saat kita sekolah dulu dalam pelajaran IPA tentunta sudah tahu dan hafal diluar kepala bahwa musim kemarau selama enam bulan dan musim penghujan selama enam bulan. Dengan adanya patokan waktu yang mirip membuat petani bisa memprediksi kapan musim tanam dimulai atau kapan saat tidak menanam padi. Tapi sekarang petani kesulitan untuk memprediksi saat musim tanam padi dengan tepat .
Kalau kita ingat kata Global Warming tentunya tidak terlepas dengan semakin menuanya bumi kita. Pemanasan global hampir terjadi di seluruh penjuru negeri di bumi ini. Kita  baru melihat berita atau membaca surat kabar adanya gempa bumi yang dasyhat yang terjadi diberbagai Negara, mulai dari Negara Jepang, Negara Nepal, Negara El savador. Kejadian gempa bumi telah mengakibatkan kerusakan yang hebat dan korban jiwa dengan begitu jumlah yang besar. Fasilitas infrastruktur banyak yang roboh dan hancur luluh lantak akibat gempa bumi. Oleh karena itu mari jaga bumi kita untuk anak cucu ke depan nantinya. ( Arif)

SALAM LESTARI LINDUNGI BUMI INI.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »